Bussiness
Information Systems Strategy
Menurut Daft (2002:
307) Pengertian Strategi adalah ”Rencana tindakan
yang menjabarkan alokasi sumber daya dan aktifitas-aktifitas untuk menanggapi
lingkungan dan membantu mencapai sasaran atau tujuan organisasi. ”
Strategi dalam suatu
organisasi merupakan cara untuk mencapai tujuan-tujuan, mengatasi segala
kesulitan dengan memanfaatkan sumber-sumber dan kemampuan yang dimilikinya.
Jadi strategi merupakan suatu rencana yang ditujukan untuk mencapai tujuan
tersebut. Beberapa perusahaan mungkin mempunyai tujuan yang sama, tetapi strategi yang digunakan berbeda.
Strategi ini berdasarkan suatu tujuan dan sebuah strategi tidak cukup hanyalah
sebuah rencana belaka, namun strategi haruslah sampai pada penerapannya,
sehingga demikianlah dikatakan bahwa strategi tidak semata-mata hanya sebuah
pola perencanaan saja, namun bagaimana strategi tersebut dapat dilaksanakan.
A.
Cara mengembangkan strategi :
- Mengetahui & memahami tujuan
- Analisa lingkungan
- Cara-cara mendetail bagaimana unit bisnis berinteraksi
B.
Pendekatan Strategi
- Prespektif: harus jelas dan direncanakan secara matang
- Emergent: cepat berkembang
·
Elemen strategi Sistem
Informasi
- Bussines information systems strategy
- Information systems functional strategy
- IT strategy
- Applications strategy
C.
Environment terbagi menjadi:
- Micro-environment : customer, competitor, suplier, distributor
- Macro-environment : social, legal, economic, poilitical, techonogy
7
“R” Strategi
- Reach ( Persaingan mulai meluas ).
- Reaction ( Cepat tanggap dengan feedback terhadap konsumen ).
- Responsivenes ( Harus cepat dalam penangkapan ide ).
- Refinement ( Kemampuan membaca kebutuhan konsumen ).
- Reconfiguration ( Kemampuan berevolusi dengan kebutuhan pasar saat ini ).
- Redeployment ( Penerapan ulang terhadap konsumen ).
- Reputation ( Peningkatan Reputasi ).
Refrensi:
Catatan KSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar