Selasa, 16 Oktober 2012

Konsep Sisitem Informasi 5 & 6


Sistem Informasi pemasaran
Terdiri dari kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan , pendistribusian jasa dan gagasan.

Marketing strategic
Marketing mix :
Ø  Product
Ø  Promotion
Ø  Place
Ø  Price

Sistem informasi pemasaran :
Suatu sistem berbasis komputer yang bekerja dengan sistem informasi fungsional lain untuk mendukung managemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk pemasaran

Model SI pemasaran
v  Sub sistem Input
v  Berasal dari SI akutansi yang melakukan pengumpulan data untuk menjelaskan transaksi pemasaran dan juga mencakup sub sistem intelijen pemasaran dan subsistem penelitian pemasaran
v  Sub sistem output
·         Produk
·         Tempat
·         Promosi
·         Harga

Evolusi konsep SI Pemasaran
v  Info pemasaran internal
v  Info yang dikumpulkan dan berputar di dalam perusahaan
v  Intelijen pemasaran
v  Info yang mengalir dari lingkungan ke perusahaan
v  Komunikasi pemasaran
v  Info yang mengalir dari perusahaan ke lingkungan




Sistem Informasi Akutansi
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :
  • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
  • Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
  • Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.
SIA terdiri dari 3 subsistem:
  • Sistem pemrosesan transaksi
mendukung proses operasi bisnis harian.
  • Sistem buku besar/ pelaporan keuangan
menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.
  • Sistem pelaporan manajemen
yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.





Subsistem penelitian pemasaran
Data primer : data yang berasal dari perusahaan
(mis : data dari sales)
1.   Survey
2.   Observasi
3.   Interview
4.   Pengujian terkendali

Data sekunder : data yang berasal dari orang / perusahaan lain
1.   Mailing list
2.   Statistik penjualan

Subsistem intelijen pemasaran
·         Mengumpulkan data pesaing secara etis
·         Mengumpulkan data pelayanan

Subsistem produk
Ø  Siklus hidup produk (product life cycle)
Ø  Menelusuri penjualan suatu produk mulai dari pengenalan produk , perkembangan , dewasa , dan penurunan


Subsistem promosi
Ø  Agen periklanan
Ø  Penjualan secara personal
Ø  Sales promosi
Subsistem harga
Ø     Penentuan harga berdasarkan biaya
Ø   Penentuan harga berdasarkan permintaan

Subsistem tempat
Ø  Saluran distribusi
Ø  Produk / materi uang, dan saluran info mengalir melalui saluran distribusi
Ø  Dua pendekatan komunikasi
o   Info umpan balik dan umpan maju
o   Electronic data interchange (EDI) : komunikasi yang dilakukan oleh masing-masing komputer milik perusahaan , retailer dan konsumer







Penggunaan Sistem informasi pemasaran oleh manager :
-      Perusahaan besar menggunakan komputer sebagai alat pemasaran
·         Untuk mempelajari keinginan dan kebutuhan konsumen
·         Memformulakan konsumen
·         Melihat seberapa jauh pemasaran diterima oleh konsumen
·         SI yang digunakan DSS


SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA

SI SDM
Suatu sistem untuk mengumpulkan dan memelihara data yang berisi sumber daya manusia, mengubah data tersebut menjadi informasi, dan melaporkan informasi tersebut pada pemakai

Kegiatan utama SDM
·         Perekrutan dan penerimaan
·         Pendidikan dan pelatihan
·         Managemen data
·         Penghentian dan administrasi tunjangan

Accounting information system
-      2 tipe data
o   Personal
o   Accounting
Human resources Intelligence subsistem
-      Mengumpulkan data yang berhubungan SDM
o   Pemerintah
o   Pemasok : sumber tenaga kerja
o   Serikat pekerja
o   Masyarakat global
o   Masyarakat keuangan
o   Pesaing

Work Force Plainning subsystem
-      Memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasi kebutuhan pegawai di masa datang
-      Aplikasi operasional
o   Bagan organisasi
o   Peramalan gaji
o   Job analysis / evaluation
o   Planning

Recruting subsystem
-      Penelusuran pelamar
-      Pencarian internal

Work force management system
-      Penialian kerja
-      Pelatihan
-      Pengendalian posisi : pembatalan waktu jabatan
-      Relokasi
-      Skills / computering
-      Suksesi
-      Kedisiplinan
Compensation subsystem
-      Peningkatan penghargaan
-      Gaji
-      Kompensasi eksekutif
-      Bonus dan kehadiran
Benefits subsystem
-      Tunjangan tetap
-      Laporan tunjangan
-      Pemberian saham
Cross Functional managements 
-      Konsep dasar CRM
-      Contoh aliran informasi CRM
-      Konsep dasar SCM
-      Contoh aliran informasi SCM

1.   CRM (customer Relationship Management)
Strategi pemasaran yang sedang dikembangkan di setiap perusahaan untuk menarik pelanggan
-      Definisi CRM
o   CRM : Istilah industri TI untuk metodologi strategi , software dan atau aplikasi berbasis web
o   CRM : usaha sebuah perusahaan untuk berkosentrasi menjaga pelanggan

Pentingnya CRM dan pengguna CRM
-      Pentingnya CRM :
o   Tingkat persaingan global antar perusahaan kian besar
o   Fakta bahwa untuk mendapatkan pelanggan baru bisa 10 kali biaya untuk menjaga pelanggan yang ada
o   Tren bisnis saat ini yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan logalitas pelanggan ke perusahaan
o   Banyaknya konsumen yang menginginkan pelayanan purna jual

Pengguna CRM
o   Bisa dari perusahaan / bidang usaha berskala kecil sampai ke perusahaan berskala besar

Prinsip dasar CRM
Mengambil data input berupa data profile dari semua pelanggan (customer) dan memberikan informasi yang sesuai kepada klien berupa Informasi tentang customer history , kebutuhan-kebutuhan pasar dan isu-isu lain seputar perkembangan pasar

Secara umum tujuan penerapan CRM
-      Mengambil dan menganalisa relasi
-      Mengambil dan menganalisa pasar
-      Mengambil dan menganalisa produk keluaran


Cara membuat CRM berhasil
o   Perencanaan bisnis yang matang
o   Mendefinisikan tujuan dan sasaran dari penerapan CRM
o   Menentukan batasan-batasan dari CRM menurut strategi yang ada
o   Menetukan standar aturan CRM
o   Menetukan standar aturan penanganan straategi berdasarkan informasi dari system CRM seperti perubaha dan pemantapan strategi
Dalam merencanakan penerapan system CRM harus memperhatikan hal-hal berikut :
o   Sasaran yang ingin dicapai bersifat jangka panjang
o   Sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan perusahaan
o   Hasil yang dicapai dapat menjadi sasaran kunci bagi bisnis perusahaan
o   Nilai resiko akibat perencanaan CRM
Kendala yang muncul setelah penerapan CRM
o   Pada aplikasi-aplikasi TI, terbuangnya feature / kelebihan-kelebihan yang di tawarkan TI dengan percuma
o   Pelanggan tetap mengeluh
o   Hubungan dengan pelanggan tetap transaksional
o   Tidak ada peningkatan efisiansi

Manfaat CRM
o   Jumlah konsumen bertambah
o   Mengetahui tingkat kepemilikan perusahaan pada konsumen
o   Mengetahui kebutuhan konsumen pada masa yang akan datang
o   Mengetahui ketidakhormatan pada setiap aktivitas traksaksi
o   Mampu menganalisa pola transaksi
o   Mengurangi resiko operasional

Impementasi (penerapan) CRM
3 faktor kunci , yaitu :
o   Orang-orang yang profesional (kualifikasi memadai)
o   Proses yang di desain dengan baik
o   Teknologi yang memadai

Elemen-elemen dalam implementasi CRM
-      Otomatisasi pemasaran : pemasaran dapat dilakukan secara otomatis tanpa perlu bertransaksi langsung
-      Pusat pelayanan (call center)
-      Pencarian data dan analisa proses secara onlinne
-      Pengambilan keputusan dan alat pelaporan

SCM (Suppl Cain Management)
Supply chain : sebuah sistem yang melibatkan proses produksi , pengiriman , penyimpanan , distribusi dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan akan produk tsb.

Beberapa isu penting
o   Aliran materi / produk adalah ssesuatu yang komplek
o   SCM pada hakekatnya adalah sinkronisasi dan koordinasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan aliran materi / produk, bail yang ada dalam satu organisasi maupun antar organisasi
o   Rangkaian / jaringan ini terbentang dari penambang barang mentah

Aliran fisik : materi/produk , pengembalian
Aliran pembayaran : uang , invoice , pricing , credit terms flow
Aliran informas : kapasitas

Fungsi SCM
o   SCM secara fisik mengkonuarsi bahan baku menjadi produk jadi dan menghantarkanya ke pemakai aktur
o   SCM sebagai media pasar

Manfaat SCM
Tujuan SCM modern : untuk mengurangi ketidakpastian dan resiko dalam supply chain , yang memberikan pengaruh positif pada tingkat penyimpanan linventory , dan jasa customer.

Supply Chai mencakup 3 bagian
1.   Upstream supply chair
2.   Internal supply chair
3.   Downstream supply chair

Masalah / tantangan SCM
o   Kompleksitas struktur supply chain
-      Melibatkan banyak pihak
-      Perbedaan bahasa, zona waktu , dan budaya antar perusahaan
o   Ketidakpastian
-      Keidakpastian permintaan
-      Ketidakpastian pasokan : waktu , pengiriman, harga , kualitas bahan baku, dll
-      Ketidakpastian internal : kerusakan mesin , kinerja yang tidak sempurna, ketidakpastian kulaitas produk , dll

Solusi masalah SCM 
o   Melakukan outsourcing (dengan menggunakan sembarang dari pihak luar)
o   Membeli input secara langsung dari pada harus memproduksi terlebih dahulu
o   Menciptakan “strategic partnership dengan supplier”
o   Menggunakan pendekatan “just in time” dalam melakukan pembelian
o   Memperbaiki hubungan antara supplier dengan buyer